Tips Mendaki Gunung Pada Musim Hujan

Jika mempunyai hobi mendaki gunung atau yang belum pernah mendaki gunung, pastinya sudah tidak sabar lagi ingin cepat - cepat mendaki gunung. Namun dalam cuaca seperti sekarang ini yaitu musim penghujan, pasti terkadang kita akan berfikir kembali akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan apalagi untuk seorang yang pemula.

            Karna mendaki gunung haruslah mempunyai mental dan niat yang kuat agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi sekarang musim penghujan. Nah tenang saja dalam pembahasan kali ini saya akan Sharing dari teman saya di facebook mengenai Tips-Tips Mendaki Gunung Disaat Musim Penghujan , yang semoga bisa membantu sobat semua:

1.  Selalu bawa baju ganti yang kering


            Tips sederhana, tapi ternyata kaget juga kalau kemaren ada yang lupa bawa baju kering dan terpaksa bermalam dengan baju basah.


            Pantangan berat nih!  Cuaca yang tidak terlalu dingin, kalau dilewati dengan baju yang basah, akan langsung berinteraksi dengan tubuh dan menurunkan suhu badan kita.  Ini jadi semacam kerja sama parah antara suhu badan yang menurun, cuaca yang dingin, plus angin yang biasanya jadi aksesori pelengkap cuaca di musim hujan... 

2.  Bungkus semua dengan plastik



 Bungkus semua! Termasuk mobil kalo mau dibawa...

            Pernah kejadian, teman lebih memilih mengamankan agar2 ketimbang sleeping bag (ngelirik sebelah lagi hehehe ) dalam artian, agar2 dibungkus dengan plastik, sementara sleeping bag malah dibiarkan begitu saja... Akibatnya, ketika tas terkena basah, sleeping bag jadi kebanjiran, sementara agar2 tetap kering :d 

            Di musim hujan, biar gak percuma bawa pakaian satu lemari, tetap harus dilindungi oleh plastik agar tidak kebasahan ketika hujan.

3.  Gunakan sepatu, bukan sandal



Hujan=lumpur
Pakai sandal ketika berlumpur=putus
Di Gunung=tidak ada warung buat beli sandal ganti

Persamaan sederhana  semoga mudah dipahami yaaa.. hehehe

4.  Gunakan ponco ketimbang jas hujan
  
            Walaupun sama-sama waterproof, ponco menyisakan ruang antara badan dengan lapisan ponco sehingga tubuh bisa tetap hangat.  Sementara jas hujan menempel di badan dan berpotensi menyerap panas tubuh.  Lagipula, pengalaman selama ini sih, jas hujan kalau diterpa badai berjam-jam, biasanya tembus juga ke baju bagian dalam.  Jadi kalau menurut ane sih, lebih aman pakai ponco ketimbang jas hujan.

5.  Tidak usah terlalu memaksakan diri

            Badai, tanah longsor, pohon tumbang, potensi sambaran petir, cuma beberapa dari potensi bahaya mendaki ketika hujan lebat.  Kalau merasa tidak yakin akan keamanan perjalanan, lebih baik tidak usah memaksakan diri.  Usahakan selalu bertanya kepada penduduk sekitar terkait keamanan perjalanan nanti. 

            Setiap gunung biasanya memiliki karakteristik masing-masing, jadi tidak bisa menggunakan 'pengalaman' di gunung lain untuk merasa pasti terhadap keamanan gunung yang akan kita jalani saat ini.  Misal, di gunung gede, mungkin perlu hujan badai parah baru kita mulai mempertimbangkan pembatalan perjalanan, tapi di gunung guntur yang jalurnya terbuka, sekali sambaran petir mungkin sudah cukup untuk kita mempertimbangkan pindah gunung ke gunung cikuray :d

6.  Gunakan tongkat pendakian


            Tanah yang licin sewaktu pendakian bisa diatasi dengan tongkat pendakian (atau kayu terdekat di samping kamu :d ).  Intinya, ini adalah alat bantu untuk menjaga keseimbangan ketika melewati jalur-jalur yang licin ketika terkena hujan.

7.  Selalu flexible

            Biasanya dari awal pendakian, kita sudah punya bayangan akan buka tenda di pos/shelter mana.  Tapi dalam kondisi musim hujan, selalu fleksible dalam rencana perjalanan!  Kalau cuaca makin parah, kabut mulai turun, badan mulai basah, sangat disarankan untuk langsung saja buka tenda sambil menunggu cuaca membaik. Saran yang lebih praktis mungkin adalah selalu membawa flysheet atau ponco berukuran besar sehingga bisa digunakan sebagai bivak secara cepat.

Ok, mungkin itu dulu tips sederhana dari kami, indonesian mountains :)  semoga bermanfaat...

8.  Bawa penyerap air


            Untuk mempermudah proses pengeringan sepatu yang basah, bagian dalam tenda, atau apapun yang perlu dikeringkan, sangat disarankan untuk membawa bahan-bahan penyerap air.  Jadi kalau misalnya tenda kita bocor karena tidak punya flysheet dan dibeli di minimarket terdekat dengan harga semurah-murahnya (nyindir diri sendiri :d :d ), kita bisa dengan mudah mengembalikan kenyamanan dan kekeringan barang-barang kita dengan bahan2 penyerap air tersebut.

Bahan-bahan yang disarankan:
-  spongebob
-  koran
-  kanebo


Semoga bermanfaat…. Stay Hiking and Safety First.. !!  ^^


Komentar

  1. makasih ya gan tipsnya... sangat membantu sekali untuk mendaki pada saat musim hujan..

    salam: http://blogku-al.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER FISIKA DAN KIMIA DASAR 2B 2011

Posset & Latice

Tutorial Membuat Logo Apple Pada Corel Draw