DESAIN PEMODELAN GRAFIK



Desain pemodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer dan pendesainannya. Pemodelan adalah proses membentuk sketsa kasar suatu object yang nantinya akan dibuat dan di desain sehingga terlihat seperti hidup dimana pengerjaannya dilakukan di komputer.
Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi industri di bidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada komputer yang bukan berupa teks atau suara. Istilah komputer grafik banyak digunakan pada berbagai jenis teknologi yang digunakan untuk membuat manipulasi gambar pada gambar yang dihasilkan, representasi dan manipulasi data citra oleh komputer.
Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi, koran, dan lain-lain. Selain itu, grafis yang dibuat dengan baik dapat digunakan dalam media seperti laporan, thesis, serta tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis. Perangkat lunak tersebut dikategorikan menjadi 3, yaitu untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat, yang banyak digunakan adalah perangkat 3D. Tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis 2D.
Aspek yang harus diperhatikan bila membangun object adalah metode untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan object, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti object apa yang ingin dibentuk sebagai object dasar, metode pemodelan object 3D, pencahayaan dan animasi gerakan object sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Yang berkaitan dengan grafik komputer, yaitu :
1.    modelan Geometris : menciptakan model matematika dari object-object 2D dan 3D.
2.    Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.    Animasi : menetapkan kembali tingkah laku object bergantung waktu.

Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.

MOTION CAPTURE/MODEL 2D
Model ini merupakan object gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik, sebagai contoh gambar teks, bangun 2D seperti segitiga, lingkaran, dan sebagainya. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang dignakan hanya untuk mencetak dan mengambar seperti tipografi, gambar, kartun, iklan, poster, dan lain sebagainya.

DASAR METODE MODELING 3D
Merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perpektif dengan cara matematis dalam melihat suatu object, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata.
Metode yang digunakan untuk pemodelan 3D diantaranya seperti nurbs dan polygon ataupun subdivision.


ANIMASI KOMUTER
Animasi komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya digunakan dalam film animasi berbudget besar. Tapi, film non animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini.

a)  PROSES RENDERING
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output.
b)  TEXTURING
Proses ini merupakan untuk menentukan karakteristik sebuah materi object dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparancy, dan refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai variasi warna pattern, tingkat kehalusan atau kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail.
c)  IMAGE DAN DISPLAY
Merupakan hasil akhir dari pemodelan. Biasanya object pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap texturing pemodelan. Dalam tahap display, menampilkan sebuah batch render, yaitu pemodelan yang dibangun, dilihat, dan dijalankan dengan tool animasi.
d)  PIXEL ART
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster dimana gambar akan di edit pada tingkat pixel. Pixel art dapat digunakan pada komputer atau game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
e)  VECTOR GRAPHICS
Berbeda dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana keunggulannya adalah resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun yang dihasilkan tetap (tidak blur atau pecah).

Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Metode pemodelan obyek disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya digunakan sedikit polygon, maka object yang didapatkan akan terbagi menjadi pecahan-pecahan polygon.

Sedangkan Modeling dengan Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier Spline) adalah metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Hal ini dikarenakan kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

Manipulasi Gambar
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam memanipulasi gambar, berikut ini beberapa cara manipulasi gambar 

Translasi
 Translasi adalah suatu perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru.
 Jalur yang direprestasikan oleh vektor tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser


Rotasi
 Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.

Skala
 Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.

Dilatasi
 Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran (memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk bangunnya.

Refleksi
 Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan suatu objek.
 Sifat-sifat Refleksi
 a. Dua refleksi berturut-turut terhadap sebuah garis merupakan suatu identitas, artinya yang direfleksikan tidak berpindah.
 b. Pengerjaan dua refleksi terhadap dua sumbu yang sejajar, menghasilkan translasi (pergeseran) dengan sifat:
 o Jarak bangun asli dengan bangun hasil sama dengan dua kali jarak kedua sumbu pencerminan.
 o Arah translasi tegak lurus pada kedua sumbu sejajar, dari sumbu pertama ke sumbu kedua. Refleksi terhadap dua sumbu sejajar bersifat tidak komutatip.
 c. Pengerjaaan dua refleksi terhadap dua sumbu yang saling tegak lurus, menghasilkaan rotasi (pemutaran) setengah lingkaran terhadap titik potong dari kedua sumbu pencerminan. Refleksi terhadap dua sumbu yang saling tegak lures bersifat komutatif.
 d. Pengerjaan dua refleksi berurutan terhadap dua sumbu yang berpotongan akan menghasilkan rotasi (perputaran) yang bersifat:
 o Titik potong kedua sumbu pencerminan merupakan pusat perputaran.
 o Besar sudut perputaran sama dengan dua kali sudut antara kedua sumbu pencerminan.
 o Arah perputaran sama dengan arah dari sumbu pertama ke sumbu kedua.

Hardware Display Grafik : Vektor
 Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
 Arsitektur Vektor
Hardware Display Grafik : Raster
 Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer
 Arsitektur Raster


Daftar software desain grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop publishing
§  Adobe Photoshop
§  Adobe Illustrator
§  Adobe Indesign
§  Coreldraw
§  GIMP
§  Inkscape
§  Adobe Freehand
§  Adobe image ready
§  CorelDraw
§  Adobe Page Maker
§  Paint Tool SAI

Webdesign
§  Adobe Dreamweaver
§  Microsoft Frontpage
§  Notepad
§  Adobe Photoshop

Audiovisual
§  Adobe After Effect
§  Adobe Premier
§  Final Cut
§  Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
§  Ulead Video Studio
§  Magic Movie Edit Pro
§  Power Director

Rendering 3 Dimensi
§  3D StudioMax
§  Maya
§  AutoCad
§  Google SketchUp
§  Light Wave
§  Blender
§  Softimage


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER FISIKA DAN KIMIA DASAR 2B 2011

Posset & Latice

Tutorial Membuat Logo Apple Pada Corel Draw