DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Desain
pemodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer dan pendesainannya.
Pemodelan adalah proses membentuk sketsa kasar suatu object yang nantinya akan
dibuat dan di desain sehingga terlihat seperti hidup dimana pengerjaannya
dilakukan di komputer.
Perkembangan
komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah
merevolusi industri di bidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis
telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada
komputer yang bukan berupa teks atau suara. Istilah komputer grafik banyak
digunakan pada berbagai jenis teknologi yang digunakan untuk membuat manipulasi
gambar pada gambar yang dihasilkan, representasi dan manipulasi data citra oleh
komputer.
Citra
komputer grafik dapat ditemukan di televisi, koran, dan lain-lain. Selain itu,
grafis yang dibuat dengan baik dapat digunakan dalam media seperti laporan,
thesis, serta tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak
perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis.
Perangkat lunak tersebut dikategorikan menjadi 3, yaitu untuk 2D, 3D, dan
animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat, yang banyak digunakan adalah
perangkat 3D. Tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer
grafis 2D.
Aspek yang
harus diperhatikan bila membangun object adalah metode untuk mendapatkan atau
membuat data yang mendeskripsikan object, tujuan dari model, tingkat kerumitan,
perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model.
Proses 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk
pembentukannya. Seperti object apa yang ingin dibentuk sebagai object dasar,
metode pemodelan object 3D, pencahayaan dan animasi gerakan object sesuai
dengan urutan proses yang akan dilakukan.
Yang
berkaitan dengan grafik komputer, yaitu :
1.
modelan
Geometris : menciptakan model matematika dari object-object 2D dan 3D.
2.
Rendering
: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.
Animasi
: menetapkan kembali tingkah laku object bergantung waktu.
Ada beberapa
aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi
kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk
mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model,
tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta
kemudahan manipulasi model. Proses pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang
dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang
ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan
animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.
MOTION
CAPTURE/MODEL 2D
Model ini
merupakan object gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik,
sebagai contoh gambar teks, bangun 2D seperti segitiga, lingkaran, dan
sebagainya. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang dignakan
hanya untuk mencetak dan mengambar seperti tipografi, gambar, kartun, iklan,
poster, dan lain sebagainya.
DASAR
METODE MODELING 3D
Merupakan
suatu grafis yang menggunakan 3 titik perpektif dengan cara matematis dalam
melihat suatu object, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh
dan nyata.
Metode yang
digunakan untuk pemodelan 3D diantaranya seperti nurbs dan polygon ataupun subdivision.
ANIMASI
KOMUTER
Animasi
komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya
digunakan dalam film animasi berbudget besar. Tapi, film non animasi juga
banyak yang menggunakan teknik ini.
a) PROSES RENDERING
Rendering
adalah proses akhir dari keseluruhan proses modeling, animasi, texturing,
pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk
output.
b) TEXTURING
Proses ini
merupakan untuk menentukan karakteristik sebuah materi object dari segi
tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti tertentu
seperti reflectivity, transparancy, dan refraction. Texture kemudian bisa
digunakan untuk meng-create berbagai variasi warna pattern, tingkat kehalusan
atau kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail.
c) IMAGE DAN DISPLAY
Merupakan
hasil akhir dari pemodelan. Biasanya object pemodelan yang menjadi output
adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau
visual effect yang dimasukkan pada tahap texturing pemodelan. Dalam tahap
display, menampilkan sebuah batch render, yaitu pemodelan yang dibangun,
dilihat, dan dijalankan dengan tool animasi.
d) PIXEL ART
Pixel art
adalah sebuah bentuk seni digital yang diciptakan melalui penggunaan perangkat
lunak grafik raster dimana gambar akan di edit pada tingkat pixel. Pixel art
dapat digunakan pada komputer atau game yang relatif tua, dan juga dapat
ditemukan pada telepon genggam.
e) VECTOR GRAPHICS
Berbeda
dengan pixel, grafik vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa
array pixel. Dimana keunggulannya adalah resolusi berapapun dan tingkat
pembesaran apapun yang dihasilkan tetap (tidak blur atau pecah).
Ada beberapa
metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Metode pemodelan obyek disesuaikan
dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision.
Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area
dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar
dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan
bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan
banyak bidang polygon. Bila hanya digunakan sedikit polygon, maka object yang
didapatkan akan terbagi menjadi pecahan-pecahan polygon.
Sedangkan
Modeling dengan Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier Spline) adalah metode paling
populer untuk membangun sebuah model organik. Hal ini dikarenakan kurva pada
Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva
polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan
untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area
untuk proses tekstur.
Manipulasi Gambar
Ada beberapa
hal yang bisa kita lakukan dalam memanipulasi gambar, berikut ini beberapa cara
manipulasi gambar
Translasi
Translasi adalah suatu perpindahan semua titik
dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati posisi baru.
Jalur yang direprestasikan oleh vektor
tersebut dinamakan translasi atau bisa disebut juga vektor geser
Rotasi
Rotasi adalah mereposisi semua titik dari objek
sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
Skala
Penskalaan koordinat dimaksud untuk
menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman
penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
Dilatasi
Adalah suatu transformasi yang mengubah ukuran
(memperbesar atau memperkecil) suatu bangun tetapi tidak mengubah bentuk
bangunnya.
Refleksi
Merupakan suatu transformasi yang mencerminkan
suatu objek.
Sifat-sifat Refleksi
a. Dua refleksi berturut-turut terhadap sebuah
garis merupakan suatu identitas, artinya yang direfleksikan tidak berpindah.
b. Pengerjaan dua refleksi terhadap dua sumbu
yang sejajar, menghasilkan translasi (pergeseran) dengan sifat:
o Jarak bangun asli dengan bangun hasil sama
dengan dua kali jarak kedua sumbu pencerminan.
o Arah translasi tegak lurus pada kedua sumbu
sejajar, dari sumbu pertama ke sumbu kedua. Refleksi terhadap dua sumbu sejajar
bersifat tidak komutatip.
c. Pengerjaaan dua refleksi terhadap dua sumbu
yang saling tegak lurus, menghasilkaan rotasi (pemutaran) setengah lingkaran
terhadap titik potong dari kedua sumbu pencerminan. Refleksi terhadap dua sumbu
yang saling tegak lures bersifat komutatif.
d. Pengerjaan dua refleksi berurutan terhadap
dua sumbu yang berpotongan akan menghasilkan rotasi (perputaran) yang bersifat:
o Titik potong kedua sumbu pencerminan
merupakan pusat perputaran.
o Besar sudut perputaran sama dengan dua kali
sudut antara kedua sumbu pencerminan.
o Arah perputaran sama dengan arah dari sumbu
pertama ke sumbu kedua.
Hardware
Display Grafik : Vektor
Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
Arsitektur Vektor
Hardware
Display Grafik : Raster
Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam
layar dan laser printer
Arsitektur Raster
Daftar
software desain grafis
Ada beberapa
software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing
§ Adobe Photoshop
§ Adobe Illustrator
§ Adobe Indesign
§ Coreldraw
§ GIMP
§ Inkscape
§ Adobe Freehand
§ Adobe image ready
§ CorelDraw
§ Adobe Page Maker
§ Paint Tool SAI
Webdesign
§ Adobe Dreamweaver
§ Microsoft Frontpage
§ Notepad
§ Adobe Photoshop
Audiovisual
§ Adobe After Effect
§ Adobe Premier
§ Final Cut
§ Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
§ Ulead Video Studio
§ Magic Movie Edit Pro
§ Power Director
Rendering 3 Dimensi
§ 3D StudioMax
§ Maya
§ AutoCad
§ Google SketchUp
§ Light Wave
§ Blender
§ Softimage
Referensi :
Komentar
Posting Komentar