Program Sederhana Delphi

Pada pemrograman kali ini saya akan membahas mengenai Caption & Name yang ada pada pemrograman Delphi dan juga contoh program sederhana yang saya buat seperti pada listing program di atas,

Tahap awal untuk membuat program Delphi seperti diatas yaitu kita membutuhkan Component Pallete. Pada Component Pallete tersebut kita tambah kan struktur label, edit dan button, lalu kita susun dengan rapih. Setelah tersusun rapih hal yang perlu kita buat yaitu mengatur “caption”, dan “name” yang terdapat pada Label. Caption dan Name dapat kita temukan pada Objeck Inspector. Caption merupkan judul dari form tersebut, sedangkan Name merupakan nama dari komponen itu. Biasanya bila kita mengambil sebuah komponen, Delphi otomatis memberikan nama dan menyediakan nama sesuai dengan nama komponen tersebut. Namun hal tersebut dapat kita ubah sesuai yang kita inginkan agar kita mudah mengingatnya. Berbeda dengan Caption, pada caption kita tidak mengubah nama component, melainkan hanya mengubah judul yang tertera pada component, Sedangkan dalam melakukan Pengkodingan yang kita butuhkan dan yang akan bisa kita panggil adalah name nya bukan captionnya.

Pada Label1 rubah Captionnya menjadi “Program Pertama Saya”. Pada Label2 rubah Captionnya menjadi “Nama”. Pada Label3 rubah Captionnya menjadi “NPM”. Pada Label4 Captionnya kita kosongkan, lalu rubah Name nya menjadi “HASIL” karena nanti yang akan kita panggil adalah name Hasil tersebut. Pada Edit1 kosngkan Text nya, dan Rubah Name nya menjadi “NAMA”, alasannya sama dengan dengan label4 tadi karna pada edit ini kita akan memanggil NAMA. Pada Edit2 kosongkan Text nya, dan Rubah Name nya menjadi NPM. Pada Button 1 Name dan Caption nya kita ubah menjadi “OK”. Pada Button 2 Name dan Caption nya kita ubah menjadi “HAPUS. Seperti inilah nanti hasil nya :




Selanjutnya untuk memulai Pengkodingan pada program ini saya menggunakan Button1(OK) dengan cara mengklik 2 kali untuk memasukan kodingan. Berikut Kodingan yang saya masukan

HASIL.Caption := 'NAMA SAYA ' + NAMA.Text + ', NPM SAYA ' + NPM.Text ;

Pada pemrograman diatas Berarti bahwa kita akan menginput nama kita dan NPM kita, contohnya ketika saya memasukan Nama Tri Purwanto dan NPM 57411169 maka hasil dari outputnya seperti berikut :

NAMA SAYA Tri Purwanto, NPM SAYA 57411169

Berikutnya Untuk Memblok warna pada hasil di atas tadi kita dapat menggunakan kodingan seprti ini :

HASIL.Color := clActiveCaption; ;

Hasilnya nanti akan diblok dengan warna hijau muda, selain hijau banyak juga warna yang lain, kita dapat melihatnya pada Object Inspector – Hasil – Properties – Color.

Berikutnya untuk mempercantik Background nya kita bisa memasukan kodngan seperti berikut

Form1.Color := clpurple ;

Kodingan Tersebut akan mengubah background belakang kita menjadi warna ungu.

Selanjutnya untuk menghapus data yang telah kita masukan, kita dapat memasukan kodingan seperti berikut pada Button 2(HAPUS), cara nya sama dengan mengklik 2 kali tombol hapus tersebut lalu masukkan kodingan seperti berikut

NAMA.Text := '' ;

NPM.Text := '' ;

HASIL.Caption := '' ;

OUTPUT PROGRAM




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER FISIKA DAN KIMIA DASAR 2B 2011

Posset & Latice

Tutorial Membuat Logo Apple Pada Corel Draw